Mau’izhah KH. M. Anwar Manshur

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين أمابعد

Dalam kesempatan ini. Saya ingin menyumbangkan sedikit buah pikiran untuk pedoman hidup anak–anak dalam masa yang akan datang.

Anak–anak sekalian.

Kita semua harus lebih mengoptimalkan aktifitas kita dalam menggali, memahami dan menghayati nilai-nilai Syariat agama islam. Sebab musnah atau lestarinya agama Islam di dunia ini adalah menjadi tanggung jawab kita bersama. Khususnya kalian semua para generasi muda, karena pada tanganmulah kini seluruh urusan bangsa, lebih-lebih menjelang hari depan nanti. Dalam keberanianmu untuk melangkah ke depan, itulah letak kehidupan dan kemaslahatan umat dan tanah air. Oleh karenanya majulah sejak saat ini, bagaikan majunya harimau yang gagah dan berani. Dan bangkitlah sebagaimana bangkitnya suatu kafilah yang berangkat menuju tempat perjuangan dengan penuh tanggung jawab dan perasaan mengemban amanat, seperti yang telah dikatakan oleh Syekh Musthofa al- Gholayini :

إ ن في يدكم أمر الأمة وفي أقدامكم حياته

Tetapi walaupun demikian, kita harus benar-benar ikhlas dalam berjuang, jangan sampai mengharapkan pamrih dari segala sesuatu yang kita sumbangkan kepada masyarakat dan bangsa. Rasulullah SAW bersabda :

العالم  إذا أراد بعلمه وجه الله هابه كل شيء  وإذا أراد أن يكثر الكنوز هاب من كل شيء  ( رواه الديلمى )

Artinya : “ orang ‘alim apabila ilmunya digunakan untuk mencari ridla Allah, maka segala sesuatu akan ikut kepadanya. Tetapi apabila ilmunya digunakan untuk memperbanyak simpanan hartanya,  maka dia akan takut pada apa saja”. (HR. Al-Dailami).

Anak–anakku sekalian yang berbahagia.

Kalian semua telah menyelesaikan jenjang pendidikan yang terakhir yaitu tingkat Aliyah, tetapi bukan berarti selesai pula tanggung jawab kalian, masih panjang jalan yang harus kalian tempuh. Bagi kalian yang tetap ada di Pondok ataupun yang pulang ke rumah, amalkanlah ilmu yang telah kalian peroleh, sambil terus mencari ilmu karena mencari ilmu itu tetap diwajibkan sampai akhir hayat :

اطلبوا العلم من المهد الى اللحد

Kalau kalian dapat mewujudkan semua itu, saya yakin kalian semua tidak akan ketinggalan dengan arus perkembangan zaman dewasa ini dan yang akan datang. Serta dapat adaptasi dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara dan tetap memegang teguh syari’at agama islam, yang akhirnya tidak hanyut dalam kebudayaan yang bertentangan dengan norma-norma agama, seperti apa yang ditulis Imam Ghozali katakan:

لاتجعل نفسك شمعة تضيء غيرها وتحرق نفسها

artinya : “ Jangan jadikan dirimu laksana lilin, bias menerangi sekelilingnya tetapi membakar hangus dirinya ”.

demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaat dan faidahnya. Amin.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tinggalkan komentar